Rabu, 17 Januari 2018

Tanda Apakah Seseorang Sering Menguap?

Haii, kembali lagi dengan Intan diblog yang ke 3.
Semua orang pasti pernah menguap bukan?  Tapi,  pernahkah terlintas dibenakmu mengenai alasan manusia menguap itu ialah pertanda seseorang mengantuk atau bukan?

Menguap memang sering kali diidentikkan dengan orang yang pemalas.  Hal ini dikarenakan seseorang kehilangan konsentrasi dan semangat dalam beraktivitas,  jadi tidak semua menguap merupakan tanda kemalasan.

Apakah manusia menguap karena mengantuk? Tidak bisa dipungkiri, menguap itu sangat erat dengan mengantuk atau kelelahan.  Menurut seorang ahli syaraf ia mengatakan bahwa orang akan menguap ketika mendekati jam tidur atau setelah bagun tidur. Selain itu juga ada kaitannya dengan kebosanan. Hasil penelitian menunjukkan, remaja pada kelompok pertama lebih banyak menguap dibanding remaja yang diberi tontonan video musik.

Manusia menguap untuk mendinginkan otak?  Menurut teori Andrew C.  Gallup, PhD ia mengatakan, manusia menguap karena untuk mendinginkan otak. Ketika mengambil napas dalam dalam saat menguap,udara dingin akan masuk ke dalam rongga sinus dan sekitar arteri karotis menuju ke otak kembali. Jadi menguap dapat mengeluarkan hawa panas pada otak dan menggantinya dengan hawa dingin.

Menguap dapat menular?  Saat melihat orang menguap,  tanpa kita sadari, kita juga ikut menguap. Ini bersifat menular sekaligus tanda cara manusia berempati.

Menguap tanda memiliki penyakit? Meski tanda ini tidak umum,  menguap secara berlebihan dapat menjadi pertanda bahwa kamu mengidap penyakit tertentu, seperti tumor otak,  stroke, epilepsi, sklerosis multipel, liver, atau sinkop vasovagal (mudah pingsan).
Biasanya hal tersebut dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter. Biasanya dokter akan bertanya mengenai kebiasaan tidur. Setelah itu,  dokter akan melakukan tes EEG untuk mengetahui aktivitas otak.  Langkah itu dapat mendeteksi apakah kamu menguap karna tumor otak atau penyakit lainnya.
Untuk mendeteksi sinkop vasovagal, kamu harus menjalani tes darah, atau ekokardiogram.

Gangguan yang berhubungan dengan kantuk disiang hari yang berlebihan:
1. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan
2. Terlalu banyak mengkonsumsi kafein
3. Kekurangan oksigen pada otak
4. Mengkonsumsi obat-obat tertentu

Sekian blog hari ini,  trimakasih yang sudah baca, semoga menambah wawasan.

4 komentar:

Kenapa Ban Kendaraan Berwarna "Hitam"?

Hi, kembali lagi diblog Intan. Kali ini intan akan menjelaskan kenapa ban mobil warna hitam?  Kenapa yaa? Emang gabisa kita ganti jadi warna...