Minggu, 11 Maret 2018

Kenapa Ban Kendaraan Berwarna "Hitam"?

Hi, kembali lagi diblog Intan. Kali ini intan akan menjelaskan kenapa ban mobil warna hitam?  Kenapa yaa? Emang gabisa kita ganti jadi warna pink atau merah?


Dulu pernah dipasarkan ban dengan warna alami dari karet, yaitu putih. Kemudian Binney and Smith menemukan sebuah formula berupa bahan kimia karbon hitam dan dijual ke Goodrich Tire Company pada 1900-an. Sejak itu, karbon hitam terbukti secara signifikan dapat meningkatkan kualitas ban.

Katanya,  ban yang dibuat dengan campuran karbon hitam terbukti punya ketahanan lebih, seperti meningkatkan 50 persen daya tahan terhadap abrasi karena gesekan dan mampu meningkatkan daya cengkram.
Selain itu, karbon hitam juga mampu mengalokasikan panas ke titik tertentu; sabuk dan tapak ban. Praktis, ini membuat kerusakan ban akibat panas bisa ditekan dan meningkatkan umur ban.

Selain punya kelebihan dalam hal teknis, warna hitam pada ban menciptakan kesan bersih dan polos ketibang ban karet berwarna putih. Meskipun, ban warna putih saat ini masih diniagakan. Pasarnya jelas, pecinta mobil-mobil klasik.
Karbon Hitam ini berbentuk bubuk yang dicampur ke karet saat proses pembuatan ban. Sebenarnya, ban bisa diberi warna lain dengan menambahkan pewarna, tapi waktu pembuatannya juga menjadi semakin lama. Efeknya, harga jual ban juga menjadi lebih Mahal. Maka dari itu ban lebih banyak menggunakan warna hitam. 
Mungkin cukup itu yang bisa Intan sampaikan, semoga bermanfaat 😊

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kenapa Ban Kendaraan Berwarna "Hitam"?

Hi, kembali lagi diblog Intan. Kali ini intan akan menjelaskan kenapa ban mobil warna hitam?  Kenapa yaa? Emang gabisa kita ganti jadi warna...